Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Wisata Alam dan Edukasi Menarik

Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini menjadi salah satu lokasi untuk pelestarian ekosistem terumbu karang. Bahkan juga mangrove dan hutan tropika yang berlokasi di Papua, Irian Jaya.

Seperti yang kita ketahui bahwa bentang alam tanah air memiliki daerah perairan yang jauh lebih luas daripada daratan. Maka dari itu ekosistem lautan harus kita jaga untuk kelangsungan masa depan nantinya.

Apabila Anda memiliki ketertarikan pada bentang alam seperti ini maka jangan sampai melewatkannya. Pasalnya lokasi yang satu ini memiliki edukasi dan wisata alam yang masih sangat asri.

Menurut data ekosistem seperti ini sering menjadi perimbangan utama orang berkunjung. Selain itu berwisata orang akan lebih menyukai kondisi dari lokasi yang masih terjaga tersebut.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Wisata Alam dan Edukasi

Destinasi yang satu ini menjadi salah satu taman nasional perairan laut yang paling luas di Indonesia. Dari keseluruhan persentase luas perairan lautan tersebut mencapai 89,8%.

Sedangkan untuk terumbu karangnya 5,5 %, daratannya mencapai 3,8% dan 0,9% untuk pesisir pantainya. Bisa Anda bayangkan ketika mengunjungi daerah ini maka akan mendapatkan pemandangan yang didominasi oleh lautan.

Ketika berkunjung Anda bisa menikmati berbagai wahana yang sangat menarik. Bahkan tidak ada batasan untuk jenis-jenis kondisi dalamnya seperti ini.

Maka dari itu jangan sampai Anda melewatkannya begitu saja. Sehingga nantinya akan mendapatkan pengalaman menikmati Indonesia dengan sisi yang baru.

Daya Tarik Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Kami akan membahas beberapa daya tarik untuk bahan pertimbangkan berkunjung ke destinasi yang satu ini. Oleh karena itu apabila Anda berminat coba untuk membaca pembahasan dari kami berikut ini.

Wisata Alam Sebanding Dengan Raja Ampat

Karena lokasi taman nasional ini sama-sama di Papua yang terkenal dengan Raja Ampat. Maka kita bisa memperhatikan daya tarik yang lebih unggul dari lokasi ini. Mereka memiliki keragaman flora dan fauna yang bahkan lebih beragam.

Perkiraan terbarunya, perairan ini memiliki lebih dari 200 jenis ikan dan 30 burung dengan habitat aslinya. Seperti namanya burung cendrawasih menjadi satwa yang sangat dilindungi dalam lokasi ini. Selain itu konsentrasi perkembangbiakan penyu juga jadi daya tarik utamanya.

Untuk karangnya mereka memiliki koleksi mencapai 178 jenis yang bisa kita bandingkan dengan Raja Ampat jelas lebih unggul. Sedangkan untuk hewan karang yang hidup dalamnya mencapai 506. Maka dari itu kita tidak akan rugi sama sekali bertandang ke lokasi cantik yang satu ini.

Meski belum kondang seperti halnya destinasi populer tersebut. Namun keindahan dan koleksi satwa dan floranya cukup bisa dibandingkan.

Melihat Hiu Paus

Taman Nasional Teluk Cenderawasih memiliki Rhincodon Typus yang merupakan hiu paling besar didunia ini. Ukurannya bisa mencapai 18 meter meski hanya memakan plankton saja. Nah lokasi ini menjadi salah satu dari ketiga tempat lainnya yang menjadi konservasi Hiu Paus ini.

Ketika berkunjung ke sini kita tetap bisa berinteraksi dekat dengannya. Kesempatan ini jelas menjadi salah satu daya tarik berkunjung ke taman nasional ini.

Wisata Sejarah dan Budaya

Selanjutnya destinasi ini juga tawarkan wisata untuk sejarah dan budaya. Sehingga kita bisa saksikan berbagai peninggalan sejarah yang menarik didalamnya sejak jaman dahulu kala.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini menjadi lokasi yang sangat sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Oleh karena itu tidak akan rugi mampir ke lokasi cantik yang satu ini untuk berwisata alam dan edukasi.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.